Close Klik 2x

Contoh Surat Nikah Sirih Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Nikah Sirih Yang Baik dan BenarContoh SuratNikah Siri adalah postingan terbaru yang akan admin sajikan kali ini untuk anda semua yang saat ini sedang membutuhkan referensi dalam membuat contoh surat nikah sirih. Tentunya bagi anda yang berniat untuk melangsugkan pernikahan nikah sirih akan membutuhkan surat ini sebagai salah satu persyaratan administrasi yang harus dilengkapi oleh pasangan yang ingin menikah.
Contoh Surat Nikah Sirih Yang Baik dan Benar
Contoh Surat Nikah Sirih Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Nikah Sirih Yang Baik dan Benar


Surat nikah siri merupakan surat yang isinya untuk menerangkan bahwa sudah terjadinya perkawinan antara dua anak manusia yang berbeda jenis kelamin yang sah menurut agama. Namun tidak bisa kita pungkiri bahwasanya dewasa ini masih cukup banyak juga yang berminat untuk melangsungkan pernikahan siri.

Meskipun nikah siri ini sah secara hokum agama, akan tetapi pernikahan ini tidak akan mendapatkan pengakuan dan dicatat oleh Negara/Pemerintah. Ada berbagai alas an yang mendorong seseorang untuk melakukan nikah siri, diantaranya adalah biaya pernikahan, tidak mau ribet dengan segala urusan administrasi pernikahan dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah disinggung tadi di atas, bahwa pernikahan siri ini tidak akan diakui dan dicatat oleh pemerintah, maka dalam surat tertuang kalimat “ Jika dikemudian hari terdapat hal-hal yang tidak diinginkan, maka saya bersedia diproses ecara hokum berdasarkan perundang-undangan yang berlaku”.

Contoh Surat Nikah Sirih Yang Baik dan Benar


Hal ini tentunya dapat menyebabkan kita akan bertanggung jawab secara penuh atas apa yang kita lakukan, oleh karena itu kita harus siap dengan segala konsekuensi hokum yang berlaku. Biasanya terkadang dengan nikah secara siri ini yang akan dirugikan adalah pihak wanita beserta anak-anak dari perkawinan siri mereka.

Tidak jarang terjadi bahwa wanita kelak tidak diberikan nafkah dan wanita tersebut tidak dapat menuntut secara hokum, bahkan ketika nantinya mereka sudah mempunyai anak, maka mereka akan mengalami kesulitan dalam mengurus dan mendapatkan akte kelahiran anak mereka.

Jadi sebelum anda memutuskan untuk melakukan pernikahan siri, alangkah baiknya dipertimbangkan dahulu akibat yang akan mengitarinya. Akan lebih baik jika anda melakukan pernikahan secara resmi yang dicatat oleh pemerintah. Dan menurut informasi yang kami terima, bahwa pernikahan di KUA saat ini sudah gratis, asalkan pada jam kerja. Dan bagi anda yang sudah terlanjur nikah siri, langkah baiknya jika diurus pernikahan secara resmi.


Untuk surat nikah siri itu sendiri akan mencantumkan identitas dari kedua pengantin yang menyatakan bahwa mereka berdua sudah menikah secara resmi di hadapan saksi-saksi yang ikut menandatangani surat nikah siri tersebut.

Nah bagi anda yang masih tetap berniat untuk melangsungkan nikah siri, dan saat ini sedang mencari referensi untuk membuat surat nikah siri, berikut ini telah admin siapkan beberapa contohnya untuk anda. Mari langsung saja simak di bawah ini.

Contoh Surat Pernyataan Nikah Siri

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : Subki
Tempat/Tgl lahir          : Banda Aceh, 13 Maret 1985
Umur                           : 32 tahun
Pekerjaan                     : Wiraswasta
Alamat                        : Jln. Sulaiman No. 11 Banda Aceh

menyatakan bahwa :

Nama                           : Mulia Irawan
Tempat/Tgl lahiR        : Banda Aceh, 14 April 1992
Umur                           : 25 tahun
Pekerjaan                     : Wiraswasta
Alamat                        : Jln. Tgk Saleh No. 34 Banda Aceh

adalah istri sah saya yang sudah saya nikahi secara sah menurut hukum dan syari’ah Islam pada tanggal 08 Oktober 2017 dalam keadaan sadar dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Dan jika dikemudian hari terdapat hal-hal yang tidak di inginkan, maka saya bersedia untuk diproses secara hokum berdasarkan undang-undang yang berlaku serta tidak akan melibatkan pihak manapun.

Banda Aceh, 08 November 2017

Saksi I                                     Saksi II                                    Yang Menyatakan


(Sunardi)                                 (Muliadi)                                 (Subki)

                                                Diketahui,
                                          Kepala Desa ABC


                                                (Sudirman)


Contoh Surat Keterangan Nikah Sirih dari Desa

Kop Surat Kelurahan/Desa
===================================================================

SURAT KETERANGAN
Nomor : 024.III-05/SK/IV/2017

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Yahya, SH, jabatan sebagai Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat (Kaur Kesra) Kelurahan/Desa Mawar, Kecamatan Anggrek, Kota/Kabupaten Banda Aceh. Dengan ini menerangkan dengan benar dan sesungguhnya bahwa seseorang yang disebutkan dibawah ini:

Pada hari ini, Kamis tanggal 08 Oktober 2017 telah melaksanakan Akad Nikah Siri dengan seorang dibawah ini:

Yang diwaleni oleh H. Abdul Samad

Bernama : Melissa Putri, dengan mas kawin berupa 20 gram emas dan seperangkat alat sholat dibayar tunai, sebagaimana tersebut dalam surat keterangan nikah siri yang dibuat Andika (mempelai laki-laki) pada tanggal 08 Oktober 2017.

Demikian surat keterangan ini untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Kelurahan/Desa Mawar
Hormat kami,


Yahya, SH
Nip. 12089654567654


Itulah tadi penjelasan singkat serta beberapa Contoh Surat Nikah Siri Yang Baik dan Benar yang dapat admin sajikan kali ini, admin harap, dengan adanya contoh di atas, sedikitnya bisa membantu anda yang sedang membutuhkan referensi dalam membuat surat nikah siri. Dan kalau boleh admin mengingatkan sekali lagi, alangkah baiknya untuk menikah secara resmi yang mendapat pengakuan dari Negara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kedepan, baik bagi mempelai pria maupun wanita. Terima kasih atas kunjungan teman-teman semua di blog ini, jangan lupa like dan share ke teman-teman lain yang membutuhkan jika dirasa memang diperlukan. Sekian dan silahkan pantau terus blog ini, karena kami akan kembali hadir untuk membagikan jenis surat yang lainnya.

Mau Berlangganan Gratis Contoh Surat Terbaru Dari Kami?

0 Response to "Contoh Surat Nikah Sirih Yang Baik dan Benar"

Posting Komentar