Close Klik 2x

Contoh Surat Panggilan Kepolisian

Contoh Surat Panggilan Kepolisian adalah contoh surat panggilan terbaru yang akan admin bagikan siang ini untuk anda semua yang membutuhkan. Sebelumnya admin sudah membagikan contoh surat panggilan kerja dari perusahaan. Apabila anda membutuhkan bisa langsung menuju postingan tersebut. Namun bila yang anda butuhkan adalah contoh surat panggilan kepolisian. Maka silahkan simak terus halaman ini sampai selesai, karena disini admin akan menjeleaskan sedikit tentang surat panggilan kepolisian berikut dengan contoh-contohnya.

Gambar untuk Contoh Surat Panggilan Kepolisian

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa surat panggilan kepolisian ini dapat berupa panggilan sebagai tersangka ataupun sebagai saksi dalam suatu tindak pidana tertentu. Lalu apa sebenarnya surat panggilan kepolisian itu?

Surat panggilan kepolisian adalah surat resmi dan sah yang dikeluarkan oleh kepolisian yang isinya ialah pemanggilan seseoarang untuk menghadiri panggilan tersebut guna untuk dimintai keterangannya baik sebagai seorang tersangka ataupun sebagai seorang saksi dalam suatu tindak pidana.

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, surat panggilan kepolisian ini adalah surat resmi, sehingga pembuatannya haruslah mengikuti format yang resmi sebagaimana ketentuan di bawah ini:
  1. Menggunakan Kepala surat yang meliputi, kop surat yang terdiri dari logo atau nama dan alamat lembaga tersebut dilanjutkan dengan perihal dan alamat yang ditujukan, selanjutnya dibagian kanan ditulis juga tanggal kapan surat tersebut dikeluarkan.
  2. Isi surat, pada bagian ini terdapat sebuah panggilan atau undangan yang dikirimkan kepada seseorang sebagai tersangka ataupun sebagai saksi. Dengan urutan pendahuluan atau pembuka, dilanjutkan dengan isi pokok surat dan diakhiri dengan penutup.
  3. Kaki surat, pada bagian akhir ini dicantumkan nama jabatan pengirim surat disertai dengan tanda tangan, NIP/NRP serta stempel dari instansi ataupun lembaga berikut dengan tembusannya bila ada.
Dari penjelasan singkat di atas kita sudah sedikit tahu bahwa membuat surat resmi tentunya haruslah mengikuti atauran pembuatan surat resmi sebagaimana yang disebutkan di atas. Nah bagi anda yang ingin tahu bagaimana bentuk surat panggilan kepolisian yang baik dan benar. Mari langsung saja kita perhatikan beberapa contoh yang sudah admin sediakan di bawah ini.

Contoh Surat Panggilan Kepolisian Sebagai Tersangka

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
POLISI RESOR KABUPATEN ACEH BESAR
Alamat: Kota Jantho Aceh Besar
==============================================================

SURAT PANGGILAN
No. 06754/SP-456/135/2017

Pertimbangan : bahwa untuk kepentingan pemeriksaan dalam hal penyidik tindak pidana   perlu untuk memanggil seseorang untuk didengar keterangannya.

Dasar : 1. Pasal 7 ayat (1) huruf g, Pasal 11, Pasal 112 ayat (1) dan (2) dan Pasal 113 KUHP.
              2. UU No. 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.
              3. Laporan Polisi No. 98/Pdn-11/102/2013 tanggal 1 Januari 2003

MEMANGGIL

Nama                          : (nama tersangka)
Jenis Kelamin             : Laki-Laki
Tempat/Tanggal Lahir : Aceh Besar, 22 Agustus 1993
Agama                        : Islam
Pekerjaan                   : Pelajar/Mahasiswa
Kewarganegaraan      : Indonesia
Tempat Tinggal          : Jln. Tgk. Ali Mahmud No. 34 Aceh Besar
Untuk                    : Memanggil saudara untuk mnghadap kepada Irjen. (.......................) pada hari selasa, tanggal 30 Mei 2017 pukul 09.00 WIB, untuk didengar keterangan sebagai tersangka, dalam perkara tindak pidana pemalsuan Merek dan Materai, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 234 jo Pasal 23 KUHP.

Dikeluarkan di: Aceh Besar
Pada tanggal 23 Mei 2017

Kepolisian Resor Aceh Besar



(…………………)
Pangkat dan NRP

Catatan:
Pada hari ini Selasa Tanggal 23 Mei 2017 lembar pertama surat panggilan ini telah dikirim dan diterima oleh yang bersangkutan.

Yang Menerima                                                                         Yang Menyerahkan


(Muhammad Rizak Bakti)                                                          (……….……….)
                                                                                                   Pangkat dan NRP

Contoh Surat Panggilan Kepolisian Sebagai Saksi

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
DAERAH ACEH
DIREKTORAT RESERSE KRIMINAL
PRO. JUSTITIA
==============================================================

SURAT PANGGILAN
No. Pol SP/235/ VII/ 2017/ Dit Reskrim

PERTIMBANGAN : Bahwa untuk kepentingan pemeriksaan dalam rangka penyidikan tindak pidana perlu memanggil seseorang untuk didengar keterangannya.

DASAR : 1. Pasal 7 ayat (1) huruf b, Pasal 11, Pasal 12 ayat (1) dan (2) dan Pasal 23 KUHP.
                 2. Undang-Undang No. 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik  Indonesia.
                 3. Laporan Polisi No. Pol: LP/15/09/2008/ Dit Reskrim, tanggal 15 September 2008

MEMANGGIL

Nama                          : Saiful Alan
Jenis Kelamin             : Laki-Laki
Tempat/Tanggal Lahir : Banda Aceh, 20 Juli 1994
Agama                       : Islam
Pekerjaan                  : Pelajar/Mahasiswa
Kewarganegaraan    : Indonesia
Tempat Tinggal         : Jln. Siliwangi No. 23 Banda Aceh

Untuk : Mengundang saudara ke Ruangan Dit Reskrim Poltabes Banda Aceh, pada hari Selasa tanggal 30 Mei 2017 pukul 10.00 WIB untuk didengar keterangannya sebagai Saksi dalam perkara Tindak Pidana tanpa hak dan melawan hukum mengambil suatu barang yang sama sekali atau sebagian termasuk miliki orang lain dengan maksud akan memiliki barang itu yang didahului, disertai dan diikuti dengan kekerasan atau ancaman kekerasan terhadap orang dengan maksud menyiapkan atau memudahkan pencurian itu yang dilakukan oleh Tersangka (nama tersangka 1) dan (nama tersangka 2) yang ditangkap oleh petugas Polisi pada hari Minggu tanggal 21 Mei 2017 sekitar pukul 15.00 di Jln. Dipenogoro Banda Aceh.

Banda Aceh, 23 Mei 2017

DIREKTUR RESERSE KRIMINAL POLTABES MEDAN
Selaku Penyidik


(nama lengkap)
NRP: 876543321

Pada hari ini Selasa Tanggal 23 Mei 2017, 1 (satu) lembar Surat Panggilan ini telah diterima oleh : …...

Yang Menerima                                                                        Yang Menyerahkan



(…………….........)                                                                    (..............................)
BRIPTU NRP. 4536756

Perhatian: Barang siapa yang dengan melawan hukum tidak menghadap setelah dipanggil menurut Undang-Undang dapat dituntut berdasarkan ketentuan Pasal 231 KUHP.

Itulah 2 contoh surat panggilan kepolisian sebagai tersangka dan saksi yang bisa saya bagikan kali ini untuk anda. Semoga kedua contoh dan penjealasan di atas bisa menambah wawasan kita tentang surat panggilan kepolisian ini. Contoh di atas hanyalah sebagai contohnya saja dan bisa saja berbeda dengan surat panggilan kepolisian yang berlaku saat ini. Silahkan dukung kami dengan memberikan like dan share melalui tombol di bawah. Dan jika berkenan, silahkan baca juga contoh surat panggilan orang tua siswa. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel