Close Klik 2x

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil adalah contoh surat perjanjian terbaru yang akan admin sajikan siang ini untuk anda semua. Namun sebelumnya admin sudah membagikan contoh surat perjanjian jual beli tanah. Jika dibutuhkan silahkan langsung menuju postingan tersebut. Namun jika yang anda carai adalah referensi cara membuat surat perjanjian jual beli mobil, maka silahkan simak terus halaman ini sampai selesai, karena disini admin akan memberikan beberapa contohnya untuk anda.

Gambar untuk Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Membuat surat perjanjian jual beli mobil baik itu secara tunai ataupun kredit sebenarnya tidaklah begitu penting jika kita melakukan transaksi dengan orang-orang yang sudah kita kenal dekat. Apalgi sama orang yang sudah sangat kita percayai. Tetapi lain halnya jika kita ingin melakukan transaksi dengan orang yang baru saja kita kenal. Pastinya surat perjanjian jual beli mobil ini mempunyai peran yang sangat penting untuk masa mendatang.

Sebenarnya tujuan membuat surat perjanjian jual beli mobil ini adalah sebagai pencegahan terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan nantinya, maka sangat disarankan kepada anda yang ingin melakukan transaksi jual beli mobil ataupun transaksi-transaksi lainnya yang bernilai besar untuk membuatkan sebuah surat perjanjian yang sah. Karena transaksi seperti jual beli mobil mempunyai nilai yang tinggi, jadi kita patut berjaga-jaga untuk menghindari segala kemungkinan yang bisa saja terjadi.

Selain itu, dengan adanya surat perjanjian jual beli mobil ini para pihak sama-sama bisa meraskaan manfaatnya. Bagi penjual surat ini berfunsi untuk memastikan kbahwa penjual adalah pemilik yang sah dari mobil yang hendak dijual tersebut dan juga untuk memastikan bahwa pemindahan hak/kepemilikan mobil akan terjadi setelah adanya pembayaran yang dilakukan sesuai dengan metode kesepakatan yang sudah ditentukan oleh kedua belah pihak.

Sedangkan bagi si pembeli, surat ini memiliki funsi sebagai bukti bahwa mobil yang dibelinya bersal dari pemiliknya yang sah dan juga untuk membuktikanbahwa spesifikasi mbil tersebut sesuai dengan spesifikasi realnya. Dan terakhir ialah untuk mengetahui adanya jaminan yang menyatakan bahwa mobil yang dijual dalam kondisi yang prima dan tidak dalam keadaan yang rusak.

Nah, dari penjelasan di atas, sedikitnya kita sudah tahu manfaat dari surat perjanjian jual beli mobil ini. Dan sekarang waktunya admin untuk membagikan contohnya untuk anda supaya anda tahu bagaimana format dari surat perjanjian jual beli mobil tersebut. Mari langsung saja kita perhatikan beberapa contoh di bawah ini.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Kredit

Pihak yang bertanda tangan dibawah ini dimana pihak pertama sebagai penjual dan pihak kedua sebagai pembeli:

Nama       : Adytia Mahya
Alamat      : Jln. Kebun Sawit No. 43, Aceh Jaya
Pekerjaan : Pegawai Negri Sipil

Dalam surat perjanjian ini bertindak sebagai pihak I (pertama), yang selanjutnya disebut sebagai penjual.

Nama      : Abdullah Abid
Alamat     : Jln. Mentari No. 46, Aceh Jaya
Pekerjaan : Wiraswasta

Dalam surat perjanjian ini bertindak sebagai pihak II (kedua), dan selanjutnya disebut sebagai pembeli.

Maka dengan ini kedua belah pihak tersebut menyatakan sudah sepakat mengadakan transaksi jual beli sebuah mobil, sebagai berikut:

PASAL I

Penjual telah menjual sebuah mobil Toyota Avanza keluaran tahun 2016 kepada sipembeli sebagaimana pembeli membelinya dari penjual.

PASAL II

Dalam surat perjanjian ini juga mencakup penyerahan hak milik penjual atas mobil Toyota Avanza keluaran tahun 2016, dengan Nomor rangka XHJ5643536, dengan Nomor mesin MHY4562453675643JL , Nomor polisi BL. 564 JL, Nomor BPKB 6754654.

PASAL III

Dalam surat perjanjian jual beli ini dilakukan dengan harga yaitu sebesar Rp. 175.000.000,00 terbilang (Seratus tujuh puluh lima juta rupiah).

Kemudian uang muka (DP) penjualan mobil tersebut yaitu sebesar Rp. 75.000.000,00 (Tujuh puluh lima juta rupiah).

Dan pembayaran berikutnya akan dilunaskan 3 (Tiga) bulan kedepan semenjak tanggal penandatangan surat perjanjian ini guna pengurusan KPM (Kredit Pemilikan Mobil) oleh pembeli.

PASAL IV

Transaksi ini akan dianggap lunas, apabila pembayarannya sudah mencapai dengan nilai jual yang telah disepakati kedua belah pihak.

PASAL V

Surat perjanjian ini mulai berlaku setelah ditandatanganinya surat ini, dan akan berakhir apabila mobil tersebut telah berpindah kepada pembeli.

PASAL VI

Kemudian untuk proses perpindahan kepemilikan mobil ini akan dilakukan oleh pembeli berikut tanggungan yang timbul kedepannya, dan penjual cuma akan membantu untuk kelancaran pengurusan saja. Dan perpindahan kepemilikan ini akan segera diproses apabila seluruh kewajiban pembeli tersebut telah dipenuhi.

PASAL VII

Pembeli tidak dibenarkan untuk mengubah fungsi dan diperuntukkan sebagai pengguna mobil hingga pembayaran mobil ini sudah dianggap lunas.

Seluruh kerusakan, baik itu kerusakan kecil maupun kerusakan besar dari mobil tersebut sepenuhnya akan menjadi tanggungan dari pihak pembeli tanpa terkecuali.

Pembeli juga wajib untuk memelihara mobil tersebut sebaik mungkin, seluruh kerusakan yang timbul selama perjanjian ini berlangsung akan menjadi tanggung jawab pembeli untuk memperbaikinya, dan menggantinya dengan biaya sepenuhnya juga merupakan tanggung jawab pembeli.

PASAL VIII

Bila nantinya di dalam pelaksanaan kerjasama antara penjual atau pembeli ini tidak melaksanakan kewajibannya dengan baik dan benar atau bahkan menimbulkan hal lain yang menyimpang dari ketentuan yang telah disepakati bersama, maka dari itu penjual atau pembeli wajib melakukan teguran lisan, kemudian di teruskan dengan teguran tertulis dan kemudian dapat mengajukan pemutusan atas perjanjian kerjasamanya.

PASAL IX

Bila nantinya terjadi sengketa dalam isi dan pelaksanaan perjanjian ini maka kedua belah pihak akan menyelesaikannya dengan cara bermusyawarah, bila tidak berhasil dengan cara demikian maka kedua belah pihak bersepakat dengan menggunakan jalur hukum yang berlaku.

PASAL X

Surat perjanjian ini disetujui dan ditandatangani, kemudian dibuat menjadi dua rangkap lengkap dengan materai, dan kedua belah pihak memiliki kekuatan hukum yang sama.

Demikian surat perjanjian jual beli ini dibuat atas kesadaran dari kedua belah pihak, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Aceh Jaya, 19 Mei 2017

Penjual                                                                                        Pembeli


Adytia Mahya                                                                         Abdullah Abid

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Secara Tunai

SURAT PERJANJIAN JUAL-BELI MOBIL

Pada tanggal, 19 Mei 2017 telah diadakan perjanjian jual – beli mobil yang dimana Pihak pertama telah menjual kepada pihak kedua. Kami Yang bertanda tangan dibawah ini.

Nama                    : Adil Umara
Alamat                   : Jln. Angsa No. 90 Banda Aceh
Nomer KTP / SIM : 1609878909876542
Telepon                 : 0852 6456 4532

Dalam hal ini bertindak di atas sebagai penjual mobil, atau bisa di sebut sebagai pihak pertama.

Nama                    : Abdul Halim
Alamat                   : Jln. Panglima Polem No 93 Banda Aceh
Nomer KTP / SIM : 1690834560543498
Telepon                 : 0811 657 4353

Dalam hal ini bertindak di atas sebagai pembeli mobil, atau bisa di sebut sebagai pihak kedua.

Dengan surat ini Kedua belah pihak menyatakan bahwa Pihak Pertama ingin menjual mobil kepada pihak kedua berupa 1 unit mobil, merek Honda Jazz RS tahun 2011.

Kedua belah pihak telah sepakat untuk mengikat diri dalam perjanjian dengan syarat-syarat serta ketentuan sebagai berikut :

Pasal 1

Pihak Pertama Menjual 1 buah unit mobil, Honda Jazz RS Tahun 2011 kepada pihak dedua. Dan Pihak kedua telah sepakat untuk membeli mobil tersebut dengan harga sebesar Rp. 165.000.000,- (Seratus enam puluh lima juta rupiah) dengan spesifikasi sebagai berikut:

Tahun Pembuatan : 2011
No Rangka            : 3892546HJY87656
Warna                    : Silver Metalik
Bahan Bakar        : Bensin
No. Polisi              : BL 345 JL

lengkap dengan segala perlengkapannya.

Pasal 2

Kepindahan kepemilikan beserta surat suratnya akan di serahkan apabila mobil tersebut sudah dibayar dengan lunas. Segala keuntungan dan kerugian maupun resiko atas mobil tersebut, mulai saat ini akan menjadi tanggung jawab pihak kedua.

Pasal 3

Pihak pertama menjamin bahwa mobil tersebut adalah miliknya dan tidak sedang dijual atau digadaikan kepada pihak lain ataupun tuduhan-tuduhan lainya. Untuk itu, mengenai mobil tersebut, baik sekarang maupun di kemudian hari. Pihak kedua tidak akan pernah mendapat tuntutan dan atau gugatan dari pihak lain.

Pasal 4

Jika Pihak kedua tidak mampu membayar kontan, pihak kedua boleh melakukan pembayaran secara dua kali atau setengahnya dari harga yang sudah di tentukan.

Pihah Kedua akan dikenakan denda apabila tidak segera membayar uang pelunasan tersebut, dengan waktu yang di tentukan, dan Pihak Pertama berhak membatalkan perjanjian jual-beli mobil ini.

Pasal 5

Semua beban pajak, maupun balik nama mobil, sepenuhnya akan ditanggung oleh pihak kedua. Dan juga biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan perjanjian ini merupakan tanggungan yang harus dibayar oleh pihak kedua.

Banda Aceh, 19 Mei 2017

Pihak Pertama                                                                         Pihak Kedua


Adil Umara                                                                                Abdul Halim

Saksi-saksi
1. Abdullah
2. Iskandar

Itulah 2 contoh surat perjanjian jual beli mobil yang bisa admin sajikan kali ini untuk anda. Semoga bisa terbantu bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi dalam membuat surat perjanjian jual beli mobil ini. Silahkan like dan share kepada teman-teman yang lain melalui tombol di bawah. Dan silhkan baca juga contoh surat perjanjian jual beli lengkap. Barangkali juga bisa membantu anda. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel